Wednesday, November 16, 2016

TUTORIAL INSTALASI DRIVER

Download artikel Power Pointnya disini

INSTALASI DRIVER
 
DEFINISI
perangkat lunak yang membantu sistem mengenali hardware yang laptop atau komputer gunakan, sehingga segala perintah yang pengguna instruksikan kepada hardware melalui sistem operasi, dapat berjalan seperti yang pengguna inginkan.

FUNGSI• 
sebagai penerjemah dari segala instruksi yang pengguna lakukan lewat perantara sistem operasi, kemudian segala instruksi yang pengguna berikan itu akan  diterjemahkan  kedalam bahasa yang dimengerti oleh hardware sehingga segala insturksi yang pengguna berikan dapat dilakasanakan dengan baik.

 
MACAM 
• VGA
• LAN
• Wifi
• Chipset
• Audio
• Touchpad [pada laptop]
• Bluetooth [ tertentu]


 CARA MENDAPATKAN

1.Menggunakan CD
 
Menggunakan driver yang berasal dari CD driver bawaan adalah cara paling, cepat, tepat dan aman untuk mendapatkan driver yang kompatibel. Berbeda dengan laptop, komputer desktop rakitan agak sedikit lebih ribet ketika menginstall driver. Jika komputer rakitan yang digunakan memiliki banyak hardware tambahan seperti vga card addons, kartu jaringan wifi, bluetooth, dll, maka harus menginstall driver untuk hardware tambahan tersebut secara terpisah.
 
 
2. Mendownload dari situs resmi
  
Perusahaan produsen perangkat keras komputer selalu dan wajib memiliki halaman khusus untuk medapatkan driver untuk produk-produk mereka. Ketika microsoft mengeluarkan sistem operasi terbaru, maka merekapun berkewajiban merilis driver yang kompatibel dengan sistem operasi terbaru untuk perangkat yang memang mendukung.
 
 3.Menggunakan Tool Pendeteksi Driver
 
  Cara ketiga ini adalah dengan memanfaatkan program pintar yang berfungsi mendeteksi driver secara otomatis dan dapat digunakan untuk sebagian besar hardware komputer yang ada saat ini. Program pendeteksi driver komputer terbaik saat ini adalah Driver Pack Solution atau yang biasa disingkat DRP. Program ini memiliki database driver yang sangat lengkap, serta dapat berjalan hampir disemua seri sistem operasi windows. Program pendeteksi driver seperti driver pack solution sudah terjamin keamanannya karena telah mendapat sertifikasi dari produsen antivirus terbaik saat ini Kaspersky Lab.

CARA INSTAL

SUMBER : http://safixzpmk.blogspot.co.id/2014/02/solusi-dan-cara-cepat-install-driver.html

• Pada dasarnya hampir sama dengan proses instalasi software-software yang biasa kita instal (Jika menggunakan
Driver Pack Solution atau yang biasa disingkat DRP.)

Cara Menggunakan DRP-DriverPack Solution
Setelah berhasil download DRP ikuti langkah-langkah berikut:
 
1. Setelah DVD Driverpack Solution 12.3 dimasukkan > muncul autorun dan klik Run DriverPackSolution.exe , dan Driverpack Solution 12.3 akan Loading beberapa saat untuk mencoba menampilkan informasi tentang spesifikasi hardware software dan kondisi installasi driver perangkat komputer / Laptop kita :


 2. Klik Menu-Tab Driver => klik "Install and Update". Kemudian akan tampil layar Confirm Installation, Klik  "Install Driver" =>  klik "Start Installation".

3. Secara otomatis Driverpack Solution 12.3 akan menginstall  driver-driver ke Sistem Operasi yang di ambil dari  Database-nya di Folder ( dev_db dan drp ). Tunggu sebentar beberapa menit sampai proses Installasi selesai. 

4. Jika setelah proses ini tidak ada pesan/warning apapun dan sistem minta Restart serta saat masuk Desktop GUI Windows (juga di Device Manager tidak ada tanda seru-tanya), berarti proses installasi driver SELESAI!
 

5. Pilih OK maka laptop/pc akan restart otomatis dan driver telah terpasang.
 
• Untuk melihat Driver yang sudah terinstal dan belum bisa dicek di Device Manager (klik kanan My Computer - Manage)

 

0 comments:

Post a Comment